-->






Bupati Batubara Lounching Sekolah Lapang Pengolahan Tanaman Terpadu

mediasergap.com | BATUBARA - Demi mewujudkan ketahanan pangan Nasional Bupati Batubara Lounching Sekolah Lapang Pengolahan Tanaman Terpadu (SLPTT) Padi Sawah pada acara tanam padi perdana secara serentak, Kamis(01/10/2020) di Desa Pakam Raya Selatan, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

Hadir, Asisten II Sekdakab Drs Sahala Nainggolan MM, Kadis Pertanian M. Ridwan S.P. M Agri Sc, Kadis Ketahanan Pangan Azwar, SP, Ketua DPD GBNN Sumut Trie Yanto Sitepu, Kapolsek Medang Deras AKP Joni Andreas, Danramil 01 Medang Deras Kapten TH Simanjuntak, Camat Medang Deras Efendi ST, Kepala Desa Se Kecamatan Medang Deras, Para petani dan masyarakat setempat.

Bupati Batubara di Wakili Asisten II Drs Sahala Nainggolan MM dalam sambutannya menyampaikan pada Pola Tanam Serentak yang perdana sekaligus Lounching pembukaan Sekolah Lapang Pengolahan Tanaman Terpadu(SLPTT) Padi Sawah, pola tanam serentak dilakukan di enam Desa di kecamatan Medang Deras dengan total 1500 ha area persawahan.

Hal tersebut dilakukan agar lebih mudah membasmi Hama dalam mengawasi tanaman sampai panen raya, dimana pola tanam padi serentak di Kecamatan Medang Deras yang di lakukan pada saat ini termasuk Lumbung Pangan di Kabupaten Batubara.

Bahwa, Bupati Batubara menginstruksikan kepada penyuluh pertanian harus bekerja sama dengan para ahli guna mengevaluasi permasalahan terkaitv pertanian yang ada di Kabupaten Batubara.

Selain itu, penyuluh harus juga berperan aktif dalam melakukan penyuluhan teknologi terbaru dalam bidang pertanian seperti diadakannya sekolah lapang yang berguna untuk mempelajari dan menerapkan sistem teknologi terbaru di zaman modern ke dalam bidang pertanian dengan sistematik dalam satu topik.

Ketua Garda Bela Negara Nasional(GBNN) Sumut Trie Yanto Sitepu mengatakan pola tanam padi Serempak merupakan contoh yang bagus dan baik ketika diterapkan, untuk itu, GBNN akan menginstruksikan kepada seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara untuk mencontoh pola tanam padi serempak yang dilakukan di Kabupaten Batubara agar lebih mudah untuk mengendalikan atau mengawasi tanaman padi di Sumatera Utara.

“Dapat menghasilkan produksi yang berlimpah terkhusus di masa pandemi Covid – 19”,ungkap Sitepu.

Salah satu petani Amri mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabuoaten Batu Bara yaitu Bupati Batubara Ir H Zahir MAP yang sangat peduli terhadap warga para pelaku tani.

Amri berharap kepada Pemerintah Kabupaten Batubara dapat membantu dalam pembersihan serta perbaikan Kanal yangvtelah lama rusak, selain itu, memohon agar memberikan bantuan alat merupa mesin tracktor pertanian serta pupuk Subsidi yang saat ini banyak kekurangan bagi para petani.(Dan)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini