-->






KOMPAK Sergai Minta Kajari Usut Dalang Intelektual Bimtek Kades ke Bandung

medaisergap.com | SERGAI - Konsorsium Masyarakat Pedesaan Anti Korupsi (KOMPAK) Sergai, geruduk kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai dan kantor Bupati Sergai di Desa Firdaus kecamatan Sei Rampah, Provinsi Sumatera Utara, Senin (19/10/2020).

Mengikuti aturan protokol kesehatan, aksi ini hanya diwakili sekitar 20an massa saja,agar jangan ada nantinya klaster baru di pandemi Covid-19 seperti yang dikatakan oleh Kordinator Aksi,Roji Al-Banjari dari OMMBAKSU (Organisasi Mahasiswa Masyarakat Bersatu Anti Kuropsi Sumatera Utara) di halaman kantor Bupati Sergai.

Tujuan kami kemari ini, jelas Roji Albanjari sesuai Nota Kesepahaman MoU Kementerian Hukum dan HAM, tentang Pembentukan Keluarga Sadar Hukum dalam rangka mewujudkan Desa Sadar Hukum dan Akses Pemberian Bantuan Hukum.

Melihat adanya kejanggalan yang dilakukan oleh ratusan Kepala Desa (Kades) di Sergai, apalagi di tengah meningkatnya pandemi Covid-19 tetapi masih juga berani berangkat ke Bandung (Jawa Barat), dengan dalih Bimtek (Bimbingan Teknis) sekaligus belum terealisasinya anggaran dana desa di Sergai.

"Diduga telah terjadi korupsi dan penyalahgunaan wewenang, dalam hal terjadi mengatasnamakan PARALEGAL dengan adanya kegiatan studi banding ke Bandung, yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mencari keuntungan pada hal Pjs Bupati Sergai sendiri tidak mengetahui keberangkatan tersebut," papar Roji.

"Untuk ini KOMPAK Sergai dalam orasinya, meminta Pjs Bupati Sergai agar segera memanggil para Kades tersebut dan sekaligus melakukan Swab, agar tidak ada klaster baru Covid-19 yang dibawa mereka. Mendesak Inspektorat Sergai, bentuk tim untuk menyelidiki anggaran studi banding tersebut berasal. Mendesak Kajari (Kepala Kejaksaan Negeri) Sergai, untuk segera melakukan penyelidikan atas keberangkatan para Kades tersebut yang disinyalir menggunakan Dana Desa atau ADD. Selain itu, diminta untuk mengusir tuntas oknum atau aktor intelektual yang berada dibelakang keberangkatan para Kades tersebut, dan memba Wanya ke ranah hukum", pungkas Roji Albanjari.

Dihalaman kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai, puluhan anggota KOMPAK Sergai diterima oleh Kepala Seksi Intelijen, Agus Adi Atmaja dan Jaksa lainnya.

Dimana dalam kesempatan ini, Agus berjanji akan menyampaikan soal ini kepada Kajari Sergai, untuk selanjutnya akan dilaporkan kepada pimpinan.

Sedangkan di kantor Bupati Sergai, KA Rena Pjs Bupati Sergai,Irman lagi di Pemprovsu, maka disambut oleh Asisten I Nina Deliana didampingi Kabag Hukum, Basyaruddin yang juga akan menyampai kan hal ini kepada Pjs Bupati Sergai. (sabah)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini