-->






Sekretaris BM3 Sumut: Warga Minang Harus Dukung Soekirman-Tengku Ryan Novandi

mediasergap.com | SERGAI - Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Provinsi Sumut, Syahrudin Ali didampingi Sekretaris BM3 Sumut, Yunan Sirhan serta unsur pengurus lainnya seperti Yusaldi, Putrama, dan Zulkarnain sambut Tim Beriman & Trendi (Soekirman & Tengku Muhammad Ryan Novandi) di Rumah Makan Garuda Jalan Pattimura, Medan, Kamis (8/10/2020) pukul 10.00 WIB.

Kehadiran paslon ini bertujuan untuk bersilaturahmi dengan dunsanak (sanak saudara, red) guna mempererat tali persaudaraan seperti kata petitih,"mampararek kabek nan lungga, mangangkek batang nan tarandam".

"Sebab H. Soekirman sudah tidak asing lagi bagi keluarga dunsanak safir di Medan, khususnya warga BM3 maupun Gebu Minang di Sumatera Utara," jelas Syahrudin Ali.

Pertemuan ini disampaikan langsung oleh Sekretariat BM3 Sumut melalui whatsApp (WA) kepada awak media Kamis (8/10/2020) pukul 18.00 WIB.

Ketua BM3 Sumut menambahkan, kami menerima kehadiran Soekirman dan T. Ryan Novandi yang tak lain anak kandung dari sahabat kami juga, mantan Gubsu HT Erry Nuradi. 

"Selayaknya kami mendoakan agar Soekirman dan T Riyan, dapat terpilih sehingga dapat melanjutkan pembangunan di Serdang Bedagai (Sergai), pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020," ujar Syahrudin Ali.        

Lebihlanjut Syahrudin Ali menjelaskan, sejak lama dunsanak di BM3 maupun Gebu Minang tak asing dengan sosok Soekirman. 

"Apalagi secara kekeluargaan, Soekirman adalah semando kami, khususnya bagi keluarga besan pak Soekirman yang ada di Cubadak - Pariaman, Sumbar," jelas Yunan Sirhan Sekretaris BM 3 Sumut.

Untuk itu, Yunan Sirhan mengimbau warga Minang di Sergai untuk mendukung pak Soekirman dan T Ryan. Karena di Kabupaten Serdang Bedagai banyak orang minang yang mendapat kepercayaan sebagai Kepala Dinas selama kepemimpinan Bupati Soekirman. 

Dijelaskan Yunan bahwa lebih 6 orang jabatan eselon II di Sergai dijabat suku Minang. Ini cukup menjadi alasan bahwa sosok Soekirman adalah sahabat semua suku, khususnya orang Minang.

Acara temu dunsanak BM3 ini walau sifatnya informal tetapi sangat akrab, dan didahului jamuan makan siang oleh pak Zul selaku pemilik RM Garuda yang sangat terkenal di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Tengku Muhammad Ryan Novandi putra sulung dari Mantan Bupati dan Gubsu HT Erry Nuradi menjelaskan tentang silsilahnya.

"Leluhurnya atau Atoknya almarhum Kolonel TNI (Pur) T. Nurdin juga masih ada darah istana Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Dan almarhum Uwak (panggilan untuk abang dari ayah, red) kandungnya, Mayjen TNI Rizal Nurdin mantan Gubernur Sumatera Utara, juga lama bertugas di Sumbar, dengan demikian kami masih ada titisan darah Minang Pagaruyung," jelas Tengku Ryan.

Dalam kesempatan tersebut, H. Soekirman menyampaikan salam dari rekan-rekan BM3 Sergai, kepada Pengurus BM3 Sumut. Disebabkan Ali Amran dan Sutan Bareno, serta pengurus Gebu Minang Sergai Junaidi.S, belum bisa bersama karena masih banyak tugas yang harua diselesaikan di Kabupaten Serdang Bedagai.

Soekirman juga meminta dukungan moral dan do'a warga Minang, agar niat membangun Kampung Budaya Minang di Kabupaten Sergai dapat segera terealisasi. Ada kampung Minang di Desa Kota Tengah Kecamatan Dolok Masihul, dan ada pula Kampung Minang di Desa Kesatuan, Kecamatan Perbaungan.

Tujuan pembangunan kampung budaya Minang, yakni agar nilai-nilai luhur orang Minang yang tak lakang jo paneh dan tak lapuak jo hujan dapat terus di  pertahankan di Serdang Bedagai. Pertemuan Dunsanak, diakhiri dengan saling tukar cenderamata dan foto bersama (sabah/bit)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini