-->






Wakil Walikota Subulussalam Positif Terpapar Virus Corona

mediasergap.com | SUBULUSSALAM - Kepala Laboratorium Penyakit Infeksi (LPI) Universitas Syiah Kuala kembali mengeluarkan surat Nomor 937/PKU/X/2020 tanggal 23 Oktober 2020 tentang hasil pemeriksaan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. 

Isi surat tersebut menyatakan bahwa telah dilaksanakan pemeriksaan swab RT-qPCR terhadap 14 sampel pada tanggal 22 Oktober 2020, yang dinyatakan positif covid-19 sebanyak 3 orang antara lain:

- Inisial S, jenis kelamin laki-laki, umur 53 tahun, berdomisili di Kecamatan Simpang Kiri.

- Inisial L, jenis kelamin laki-laki, umur 54 tahun, berdomisili di Kecamatan Simpang Kiri. 

- Inisial MAS, jenis kelamin laki-laki, umur 54 tahun, berdomisili di Kecamatan Simpang Kiri.

Berdasarkan surat Kepala UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Dan Pengujian Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Aceh Nomor 445.5/260/BLK-PAK/X/2020 tanggal 24 Oktober 2020 tentang hasil laboratorium covid-19 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Subulussalam, terhadap 13 sampel dinyatakan positif covid-19 adalah 1 (satu) orang yakni:

Inisial HS, jenis kelamin laki-laki, umur 47 tahun, berdomisili di Kecamatan Simpang Kiri.

Riwayat kontak inisial S, inisial L, inisial HS adalah hasil pengembangan dan tracking dinas kesehatan dari pasien positif inisial IH yang dinyatakan positif covid-19 pada tanggal 16 Oktober 2020. 

Sementara itu inisial MAS atas kesadaran sendiri melakulan swab test kepada dinas kesehatan. 

Dengan penambahan kasus ini, pasien covid-19 yang terkonfirmasi positif  corona di Kota Subulussalam per tanggal 25 Oktober 2020 sebanyak 63 orang, dinyatakan sehat sebanyak 43 orang,    meninggal 5 orang, isolasi sebanyak 15 orang. 

Penambahan kasus covid-20 kali ini menyasar ke jantung Pemerintahan Kota Subulussalam yakni di Sekretariat Daerah Kota Subulussalam. 

Hasil pengembangan tracking dinas kesehatan melakukan swab test kepada beberapa pejabat yang kontak erat dengan salah seorang pejabat sebelumnya yang dinyatakan positif. 

Salah satunya Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP dinyatakan positif sebagaimana hasil pemeriksaan laboratorium penyakit infeksi Universitas Syiah Kuala Nomor 937/PKU/X/2020 tanggal 23 Oktober 2020.

Di dalam setiap pertemuan Wakil Walikota Salmaz selalu mengingatkan kepada bawahannya agar menjadi contoh bagi orang lain, apabila dirinya dinyatakan positif, maka akan mengikuti petunjuk dari tim kesehatan. 

Beberapa kali beliau melakukan swab test, untuk mengetahui apabila ada pasien yang positif dan kebetulan ada kontak dengannya. Beliaupun diswab test oleh petugas kesehatan dan hasilnya negatif.

Dan terakhir beliaupun ikut serta juga dilakukan swab test dikarenakan ada salah seorang pejabat di Pemko yang dinyatakan positif dan ternyata kali ini hasilnya positif.

Sportivitas yang ditunjukan Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP menjadi tauladan bagi kota semua orang bahwa perkataan dan perbuatan harus sejalan.

Saat Wakil Walikota dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19, beliau membuktikan bahwa terpapar covid-19 bukanlah aib atau hal yang memalukan, namun bersyukur kita telah mengetahui kondisi kita secara cepT

"Bisa dibayangkan ketika dirinya terkonfirmasi positif dan mengikuti semua aktivitas sebagaimana biasanya maka sudah berapa orang yang akan terpapar akibat dirinya," kata Salmaza.

Hal itu dikatakannya saat terjadinya obrolan di grup satgas covid-19, Sabtu (24/10/2020). Salmaza juga mengingatkan kepada semua pejabat dibawahnya agar mematuhi protokol kesehatan.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Munawaroh, SSi., Apt, Minggu (25/10/2020) menyebutkan bahwa Wakil Walikota Drs. Salmaza, MAP telah mengikuti isolasi di Jontor dan mengikuti aktivitas atau jadwal kegiatan.

Selanjutnya Salmaza mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negata (ASN) Setdako Subulussalam yang ada kontak dengan pejabat terkonfirmasi positif covid-19, atau ada merasa demam dan batuk dianjurkan isolasi mandiri di rumah.

"Untuk sterilisasi atau penyemprotan disinfektan terhadap ruangan kerja di setdako bisa dilakukan di semua ruangan setdako," kata Wakil Walikota. 

"Semua pihak diminta untuk tidak meremehkan atau sepele terhadap penyebaran covid-19. Setiap keluar rumah harus menggunakan masker. Apalagi saat berkumpul dengan kolega, kawan, saudara, atau saat mengikuti suatu kegiatan tertentu," pinta Baginda SH.MM. Jubir Gugus Tugas Kota Subulussalam melalui pers rilisnya.(Ramona)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini