-->






Membantu Penderita COVID-19 Lainnya, 4000 Anggota Gereja Yesus Shincheonji Yang Telah Pulih Turut Mendonasikan Darahnya

mediasergap.com | JAKARTA - Donasi Plasma merupakan kegiatan kemanusiaan dengan menyumbangkan sebagian darah untuk membantu penderita COVID-19. Kegiatan donasi plasma yang ketiga dilaksanakan pada 16 November sampai 11 Desember 2020 bertempat di Stadion Dalam Gedung Daegu Athletics Center, Korea Selatan.

Sebanyak 4.000 anggota Gereja Yesus Shincheonji dinyatakan telah sembuh dari COVID-19 dan turut berpartisipasi bersama 1.700 anggota yang sebelumnya telah berpartisipasi donasi plasma pada 2 putaran sebelumnya.

Ketua Gereja Yesus Shincheonji, Bait Suci Kemah Kesaksian Man Hee Lee, “Shincheonji” menyatakan pelaksanaan donasi plasma putaran ketiga mulai tanggal 16 November hingga 11 Desember 2020. Sekitar 4.000 anggota Shincheonji yang sebelumnya terpapar COVID-19 dan dinyatakan sembuh oleh medis akan turut berpartisipasi dalam donasi plasma putaran ketiga ini.

Korea Disease Control and Prevention Agency (KDCA) merupakan organisasi di bawah Kementerian Kesejahteraan dan Kesehatan Korea Selatan mengajukan permintaan kepada Gereja Yesus Shincheonji agar mereka diikutsertakan berpartisipasi dalam kegiatan donasi plasma, yang diperlukan untuk mengembangkan pengobatan plasma dengan cepat, di saat pengobatan efektif masih belum muncul, sementara penderita COVID-19 terus bertambah di dalam negeri dan di luar negeri.

Sebelumnya Gereja Yesus Shincheonji telah melaksanakan dua putaran kelompok donasi plasma yakni pada bulan Juli dan September 2020. Sejauh ini, sudah 2030 orang berpartisipasi dalam donasi plasma dengan tujuan mengembangkan pengobatan plasma, dan sekitar 1.700 di antara mereka adalah anggota Gereja Yesus Shincheonji. Ada 312 orang yang sudah berpartisipasi dua putaran kegiatan donasi plasma.

Wakil Direktur Central Disaster and Safety Countermeasure Headquarters, Kwon Joon-wook saat memberikan pengarahan rutin terakhirnya mengatakan, untuk mengembangkan pengobatan plasma, sekitar 4.000 anggota Shincheonji yang telah sembuh tersebut berencana turut berpartisipasi dalam donasi plasma selama 3 minggu, dimulai dari tanggal 16 November sampai 11 Desember 2020. 

"Kami bersyukur dan berterimkasih atas partisipasi aktif dari anggota Gereja Yesus Shincheonji dan kerjasama dengan pemerintah Kota Daegu dan Korean Red Cross (Palang Merah Korea, red).

Donasi plasma kelompok ketiga yang dilaksanakan di Stadion Dalam Gedung Daegu Athletics Center ini, dilakukan oleh para tenaga sukarela sehingga pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar. Sama halnya pada putaran pertama dan kedua, untuk mengurangi beban membayar pajak, para peserta menolak menerima bantuan ongkos perjalanan sebesar 20.000 won (Rp.254.735, red) sampai 30.000 won (Rp.382.674, red).

Salah seorang anggota Gereja Yesus Shincheonji mengatakan bahwa sangat senang dan bersyukur saat mendengar kabar kalau dengan menyumbang darah merupakan bagian perawatan bagi penderita COVID-19 yang telah sembuh.

"Ini adalah hal yang paling bermakna yang dapat kita lakukan (sebagai orang yang telah pulih dari COVID-19). Melalui pengalaman berpartisipasi dalam donasi plasma, semua anggota jemaat kita telah menyadari bahwa kekuatan untuk mengalahkan COVID-19 adalah dengan bertoleransi, mengasihi, dan persatuan. Kita akan memberikan upaya yang terbaik sehingga Korea Selatan dapat mengalahkan COVID-19 melalui pengobatan plasma," harapnya.

“Saya mengerti bahwa banyak orang khawatir, karena perintah penutupan fasilitas-fasilitas gereja telah dicabut oleh pemerintah daerah. Yakinlah bahwa semua gereja Shincheonji di Korea Selatan berencana untuk terus melakukan ibadah secara online sampai situasi COVID-19 menjadi stabil. Walaupun perintah penutupan fasilitas dan larangan berkumpul sudah dicabut,  supaya para anggota jemaat kita terlindungi dan demi kesehatan dan keamanan masyarakat kita," ujarnya. (sabah/riil)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini