-->






Akhirnya Permasalahan PT MP Ledong West Dengan Masyarakat Tuntas, Ini Kesepakatannya

mediasergap.com | LABURA - Masa penantian belasan tahun masyarakat Desa Sialang Taji akhirnya menemui jalan terang. Permasalahan masyarakat Desa Sialang Taji dengan PT MP Ledong West memperoleh penyelesaian win-win solution dari Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait SH MH bersama Camat Kualuh Selatan, Kepala Desa dan panitia pelaksana pembuatan tanggul sungai.

Solusi tersebut disampaikan oleh Kapolsek, Camat, Kepala Desa, Perusahaan kepada pihak panitia pelaksana pembuatan tanggul sungai pada Kamis (12/11/2020) di Aula Kantor Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait SH MH, Camat Kualuh Selatan Suherman Siagian SE, Kepala Desa Sialang Taji Pardomuan Tampubolon, Bhabinkamtibmas Desa Sialang Taji Aiptu R.Hutagaol, Kanit Intelkam Iptu TM Ginting, Manager PT MP Ledong West, Ketua BPD Desa Sialang Taji, Panitia pelaksana perbaikan tanggul serta sejumlah masyarakat.

Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait SH MH mengatakan pihaknya hanya sebagai mediator antara masyarakat Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan dengan PT MP Ledong West, dan telah mempelajari permasalahan dari tanggul sungai.

"Setelah kita mengadakan pertemuan, berunding dan berdialog, serta berkali-kali saya mengadakan rapat terbuka bersama pihak perusahaan dengan masyarakat. Pihak masyarakat menginginkan bantuan dari pihak perusahaan untuk membantu pengerjaan tanggul, dan apabila pihak perusahaan memberikan bantuan agar panitia pelaksana pembuatan tanggul dapat cepat mengerjakannya, dan setelah pengerjaan dilaksanakan pihak masyarakat jangan ada lagi rencana mau aksi unjukrasa ke perusahaan," tegasnya.

Kapolsek memaparkan bahwa semuanya sangat transparan dan setelah mempelajari masukan-masukan yang dianggap tanda kutip, perbedaan pendapat, dari PT MP Ledong West di sekitar daerah Sialang Taji, sudah dapat kami solusinya. Pihak Polsek bekerja sama dengan pemerintah desa serta kecamatan yang memediasi apa yang diminta oleh masyarakat Desa Sialang Taji.

"Apa yang dikehendaki oleh masyarakat ke PT WP Ledong West kemudian fakta-faktanya kita perhatikan, data-datanya kita lihat dan kita pelajari maka dapatlah suatu kesepakatan penyelesaian terhadap kondisi tanggul sungai di Sialang Taji," kata Sahrial Sirait.

Suherman Siagian SE juga mengatakan inilah hasil kerja Pemerintah Desa dengan Kecamatan bersama masyarakat untuk mencari win-win solution sehingga investor tidak terganggu untuk mengembangkan usahanya di Desa Sialang Taji dan masyarakat pun dapat terbantu permasalahannya.

Berikut ini isi kesepakatan tersebut;

1. Perbaikan tanggul sebelum terjadinya banjir bandang oleh pihak panitia dan PT WP Ledong West

2. Pengerjaan tanggul setelah berjalan dikerjakan, bahwa masyarakat sudah sepakat dengan perusahaan dan jangan ada lagi rencana aksi unjukrasa ke PT WP Ledong West.

3. Pihak manajemen PT WP Ledong West akan memberikan bantuan dalam pengerjaan penahanan tanggul di Dusun Lumbanriara.

4. Kekurangan biaya perbaikan tanggul sungai, pihak perusahaan akan membantunya dengan cara pihak panitia pelaksana membuat proposal untuk diajukan ke perusahaan.

Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait SH MH menjelaskan, bahwa kesepakan ini atas dasar musyawarah mufakat antara pihak perusahaan dengan masyarakat, untuk menyelesaikan permasalahan banjir bandang yang setiap tahun sering terjadi. Kegiatan musyawarah selesai pada pukul 12.00 WIB dalam keadaan aman dan kondusif.(Mael Lee)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini