-->






Pemko Tebing Tinggi Gelar Panen Raya & Berikan Bantuan Kepada Koptan Mekar Sentosa

mediasergap.com | TEBING TINGGI - Dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat petani di Kota Tebingtinggi selama situasi pandemi Covid-19, Pemko Tebingtinggi menggelar panen raya, Senin (29/03/21).

Panen raya ini sekaligus untuk mendukung program kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Pemko Tebingtinggi beserta unsur Forkopimda, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Sumut dan kantor perwakilan Bank Indonesia Sumut.

Selain panen raya bawang merah dan cabai merah, pemerintah juga memberikan bantuan bibit & pakan ikan kepada kelompok budidaya ikan kolam terpal, pemberian bantuan pupuk cair, pestisida dan benih sayuran. 

Panen raya itu digelar di Kelurahan Mekar Sentosa, Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi, Sumut.

Harry Baskoro, perwakilan Bank Indonesia Sumut menyatakan pada Tahun 2020 lalu, kondisi Ekonomi Indonesia terdampak signifikan oleh pandemi Covid-19, yang mengalami penurunan pertumbuhan dibanding tahun 2019. Tetapi untuk sektor pertanian lebih mampu bertahan.

"Secara tahunan, perekonomian Sumut mencatat penurunan pertumbuhan -1,07 persen yang dibanding dengan tahun 2019 sangat berbeda yang tumbuh sebesar 5,22 persen. Namun lapangan usaha (sektor) pertanian dapat tumbuh positif. Oleh sebab itu sektor pertanian perlu menjadi perhatian bersama untuk peningkatan Ekonomi Sumut ditengah kegiatan vasinasi yang masih berjalan," ujar Harry.

Sementara, Adri Nasution, Kasi Tanaman Obat dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumutera Utara, menyampaikan bahwa Dinas TPH Sumut terus mengucurkan bantuan untuk Tebing Tinggi. Baik itu cabe merah, bawang merah, jagung dan komoditi lainnya. 

"Tahun 2020 lalu, alokasi bawang merah seluas 9 hektare dimana kita bagi dalam beberapa tahapan. Untuk cabe merah dialokasikan sekitar 5 hektare. Dengan adanya bantuan dari provinsi marilah kita sama-sama tingkatkan produksi bawang merah serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kota Tebing Tinggi," kata Adri.

Sekdako Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi S. Sos, M.TP,  mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yang telah memberikan bantuan kepada kelompok Tani di Kelurahan Mekar Sentosa. 

"Lahan pertanian di kota Tebing Tinggi secara existing hari ke hari, tahun ke tahun mengalami penyusutan. Sektor pertanian masih menjadi andalan oleh pemerintah. Oleh karena itu, bagaimanapun strateginya, OPD Teknis dalam hal ini DKPP harus dapat lebih optimal, untuk mencapai target  yang telah ditetapkan pemerintah pusat ataupun provinsi," kata Dimiyathi.

Panen raya tersebut dihadiri Walikota Tebingtinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan MM diwakili Sekda Muhammad Dimiyathi S.Sos, M.TP,  Kapolres Tebingtinggi diwakili AKP Adjie Makno, perwakilan Danramil 0204/DS, Kajari Tebingtinggi diwakili Kasi Datun Tulus Sianturi, perwakilan Bank Indonesia Sumut Harry Baskoro,  Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut diwakili Kasi Sayuran dan Tanaman Obat Adri Nasution.(ajs/fit)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini