-->






Dampak RTP Membludak, Kapolres Sergai Gelar Rakor CJS Sinergitas.

mediasergap.com | SERGAI - Akibat membludaknya jumlah Tahanan berbagai kasus tindak pidana di RTP (Ruang Tahanan Polisi) Polres Sergai.

Kapolres Sergai AKBP Robinson Simatupang gelar rapat koordinasi (rakor) Crime Justice System (CJS) dengan instansi terkait di Aula Patria Tama Mapolres Sergai di Sei Rampah, Rabu (07/04/21).

Dalam kesempatan itu Kapolres menjelaskan bahwa Polri, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Lapas (Lembaga Pemasyarakatan), dan BPN adalah lembaga hukum negara yang menangani perkara di NKRI. 

"Saat ini tahanan menjadi masalah yang serius, dikarenakan Polri khususnya Polres Sergai, jumlah ruang tahanan terbatas tak sebanding dengan jumlah tahanan yang cukup membludak. Untuk ini mari kita diskusikan setiap permasalahan yang dihadapi, sehingga tercipta inovasi yang baik," kata AKBP Robin.

Sementara Kajari Sergai yang diwakili Kasi Pidum (Pidana Umum),Jenda Silaban berharap Rakor ini akan memunculkan gagasan baru dalam penanganan kasus tindak pidana. "Mudah-mudahan kebijakan Lapas kedepannya dapat mempermudah kita untuk mengirim para tahanan ke lapas," ujarnya.

Sedangkan, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah, Zulfikar Saragih mengapresiasi kepolisian melaksanakan rakor CJS, tentunya sangat berguna untuk penanganan tindak pidana di Serdang Bedagai. 

"Dalam proses sidang, sangat diperlukan kehadiran polisi, tugas polisi saat ini sangat banyak dan kami berterimakasih karena polisi semakin berbenah ke arah yang lebih baik," kata Zulfikar Saragih.

Kesimpulan rakor terkait penanganan tahanan menjadi lebih baik yakni tingkatkan kerjasama antar setiap instansi hukum di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai. Setiap permasalahan yang terjadi, lakukan komunikasi sehingga  tercapai penyelesaian setiap masalah.

Rakor dihadiri Kasi Binadik (Pembinaan Pendidikan) Lapas Tebing Tinggi, Leonardo Panjaitan, Kabag Hukum Pemkab Sergai, Basyaruddin, Kabid Yankes (Pelayanan dan Kesehatan) RSU Sultan Sulaiman, T. Musafe, mewakili Kalapas Lubuk Pakam - Kasubsi Registrasi Lubuk Pakam, Dodi Ginting,Kasat Intelkam Polres Sergai, AKP L.B Sihombing, Kasat Narkoba, AKP H. Manullang, Kasat Reskrim, Iptu Deny Indrawan, Kasat Tahti Polres Sergai, Iptu T. Hutagalung, Para Kanit Idik Sat Reskrim Polres Serdang Bedagai, dan Penyidik Sat Reskrim Polres Serdang Bedagai.(andy/red)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini