-->






Hipakad Kota Medan Hadiri Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Kodim 0201/BS

mediasergap.com | MEDAN - Pengurus Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Kota Medan menghadiri kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Triwulan I TA. 2021 pada tanggal 30 s/d 31 Maret 2021 yang dilaksanakan Komando Distrik Militer (Kodim) 0201/BS  di Makodim Jl. Pengadilan No No.8 Kel. Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kegiatan yang bertema "Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Demi Mencegah Konflik Sosial Antar Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa", diikuti perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan pengurus cabang Hipakad Kota Medan, FKPPI Kota Medan, PPM Kota Medan, juga anggota Koramil jajaran Kodim 0201/BS.

Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar SIP dalam sambutannya yang dibacakan Pasiter Kodim 0201/BS Mayor Inf Romy Sembiring, mengatakan sering terjadi di masyarakat yang ingin memecah belah kerukunan beragama.

"Apakah itu terorisme atau penyesatan agama dan pengingkaran ideologi maka mengharapkan kepada kita untuk perperan secara aktif dengan bidangnya masing-masing secara efektif," ujar Pasiter Kodim 0201/BS.

Mayor Inf Romy Sembiring mengutarakan, banyak keganjilan-keganjilan yang terjadi di masyarakat kita. 24 jam sehari, 7 hari seminggu, disitulah kita ingin menyelamatkan, melindungi dan memproteksi masyarakat kita semua. Disitulah awal dari penjagaan kepada masyarakat agar lebih serius.

"Jika di jajaran kepolisian dan struktural sampai dengan tingkat desa. Komando teritorial TNI, bersama elemen masyarakat yang lain seperti pemuka agama, tokoh pemuda semua pihak, saya berharap kita bergandengan tangan dan bertangungjawab bersama untuk benar-benar menyelamatkan masyarakat kita, rakyat kita dan generasi muda kita," pinta Dandim 0201/BS yang dibacakan Mayor Inf Romy Sembiring.

Melalui forum ini, lanjut Dandim, saya anggap penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara karena momentumnya yang tepat terutama tokoh agama ditantang dan dituntut kebersamaannya yang merupakan dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya akses-akses negatif yang dapat mengganggu kerukunan yang selama ini telah kita bina.

"Oleh karena itu kerukunan yang esensial dan fungsional harus dibangun dan dipelihara secara sadar dan terarah, agar tidak meleleh karena sengatan panasnya politik dan ekonomi," ungkap Romy Sembiring.

Pada akhir amanat Dandim 0201/BS yang dibacakan Pasiter Mayor Inf Romy Sembiring mengatakan kerukunan beragama di Kota Medan yang sudah baik, jangan membuat kita terlena, seharus membuat kita lebih tetap waspada dan mawas diri, karena kerukunan adalah sesuatu yang sangat dinamis dan dapat cepat berubah, karena itu kerukunan beragama harus kita jaga dan dipelihara.

"Tugas bersama kita merupakan pekerjaan rumah yang harus kita laksanakan, demi rakyat, bangsa, negara dan masa depan kita semua. Kita memohonkan kepada Tuhan YME, semoga kita selalu dibimbing, dilindungi dan diberikan jalan mengatasi semua permasalahan di negeri ini untuk membangun Kota Medan menjadi lebih baik," tutup Pasiter Kodim 0201/BS.


 (rel/Sabah)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini