-->






Telan Anggaran Miliaran Rupiah, Pembangunan Gedung PA dan PN Diprediksi Tak Selesai Tepat Waktu

Tampak sebelah kiri pembangunan gedung Pengadilan Agama dan kanan gedung PN Sei Rampah. (Foto; ist)

mediasergap.com | SERGAI - Saat ini pembangunan gedung baru kantor Pengadilan Agama (PA) Sei Ram pah yang berdampingan dengan Pembangunan gedung baru kantor Pengadilan Negeri (PN) Sei Rampah, yang terletak di kawasan eks kebun PTPN 3 Liberia (tapi sudah masuk ke Dusun I Desa Firdaus), sedang digenjot mengejar waktu.

Pantauan mediasergap.com Kamis (29/4/2021) terlihat di plank proyek tercantum pembangunan gedung PA dikerjakan oleh Kontraktor PT Biola Cipta Mahakarya, dengan Konsultan Pengawas PT Biro Bangunan Selaras.

"Nilai pagu proyek yang berasal dari Dipa APBN (Anggaran Perbelanjaan Biaya Negara) di Mahkamah Agung, ini untuk Tahun 2020 - 2021 multi years, sebesar Rp 24.306.673.000. Kontraknya mulai dikerjakan 12 Oktober 2020 sampai 14 Juni 2021, sekitar satu setengah bulan lagilah," ucap seorang pekerja di lokasi tersebut yang minta namanya tidak disebut.

Ketika ditanya, kira-kira berapa persentase yang sudah dikerjakan sekarang, "Kalau soal itu bukan kewenangan kami menilainya, ada Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama yang dihunjuk Mahkamah Agung. Yang penting kami kerja, kalau perlu lembur," ucapnya sambil berlalu pergi.

Sedangkan di lokasi pembangunan gedung Pengadilan Negeri (PN) Sei Rampah, awak media tidak diperkenankan masuk, kalau mau masuk harus ada izin dari Pimpinan, tapi tidak menyebut pimpinan yang mana".

Berdasarkan plank yang ada, kontraktor PT Barindo Prima Agung, dengan Konsultan Pengawas PT Arihta Teknik Persada, nilai pagu sebesar Rp 31.988.990.000 dan harus siap dalam 243 hari kalender, tanpa disebutkan kapan dimulai atau selesainya. Asal proyek juga dari Dipa APBN tahun 2020 - 2021 multi years.

Informasi dari beberapa rekanan proyek di Sergai menyebutkan, kalau proyek tersebut dari Jakarta dan kontraktor pemenangnya juga dari sana.

"Kalau masalah siapa yang tepat waktu, ini kita lihat ada selisih Rp 7 milyar lebih besar di proyek PN. Artinya,lebih banyak kerjanya dan kalau siap tepat waktu, nggak bisalah kita prediksi karena kita juga nggak tau besteknya. Kita do'akan bisa siap,supaya kita warga Sergai punya gedung PA dan PN yang baru",katanya.(andy/red)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini