-->






Kapolres Batubara Kukuhkan 35 Komunitas Sedekah Jum'at Tingkat Desa

mediasergap.com | BATUBARA - Kapolres Batubara AKBP Ikhwan SH.MH pendiri sekaligus pembina utama Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ) kembali kukuhkan sebanyak 35 Desa dari 3 Kecamatan pada Jum'at, (30/07/21) di halaman kantor museum Kabupaten Batubara, Jalan Pantai Sejarah Dusun I Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir. 

Pada tanggal 16 Agustus 2021 mendatang KSJ genap berusia dua tahun. Sesuai Peraturan Menteri Sosial RI No 184 tahun 2011 Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) merupakan Lembaga Kesejahteraan Sosial atau Organisasi Sosial yang ditetapkan dengan badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM No. AHU/0015990.AH.01.04 Tahun 2019 tertanggal 30 Oktober 2019. 

KSJ didirikan oleh tokoh masyarakat dari Medan Utara Saharuddin bersama sejumlah sahabat diantaranya Agus Leo, Amsaluddin, Iwan Sahputra, dan lainya karena ter inspirasi dari sosok anggota Polri AKBP Ikhwan SH.MH yang memberi sedekah disetiap hari jumat kepada kaum duafa dan anak yatim atau yatim piatu. 

Sebagai Organisasi Sosial KSJ telah membentuk kepengurusan di tingkat Pusat, 3 Provinsi, 25 Kabupaten dan Kota serta Kecamatan nya dengan fungsi di setiap Jumat melakukan pelayanan sosial bagi kaum duafa (masyarakat miskin) keterlantaran anak (anak yatim dan yatim piatu), lanjut usia dan penyandang disabilitas dengan bantuan sembako atau sejenis nya bantuan kursi roda, pelayanan kesehatan termasuk rehabilitasi rumah tidak layak huni. 

Dengan telah dikukuhkanya 35 Desa di Tiga Kecamatan diantaranya, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Datuk Lima Puluh dan Kecamatan Lima Puluh Pesisir, maka rampunglah sudah KSJ di seluruh wilayah Kabupaten Batubara. 

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis, SH. MH. melalui Kasubbag Humas Polres Batubara AKP Niko Siagian menjelaskan, saat ini Polres Batubara dan seluruh ptakeholder pemerintahan, baik TNI - POLRI juga Ormas Agama maupun masyarakat dan seluruh Perangkat Desa, dengan di komandoi (KSJ) akan melakukan Bhakti Sosial Sedekah Jum'at Serentak pada setiap hari Jum'at, guna untuk membantu para masyarakat miskin serta anak yatim piatu khususnya.

"Kita juga akan lakukan pengukuhan berkala di seluruh pelosok yang ada di Provinsi Sumatra Utara, nantinya Kabupaten Langkat menjadi perampungan pengukuhan seluruh Desa dan Kota yang ada,"ujar AKBP Ikhwan Lubis, SH. MH. 

Diakhir acara pengukuhan tersebut, KSJ juga memberikan santunan Bakti Sosial kepada 50 orang yatim piatu. (Dani/red)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini