-->






Diduga Setor ke Kades, Mandor dan Karyawan di PTPN IV Kebun Berangir Ramerame Rangkap Jabatan Jadi Kadus

mediasergap.com | LABURA - Tergiur dengan gaji rangkap jabatan yang dilakukan para mandor dan karyawan, tidak terlepas adanya dukungan dan peran dari para petinggi perusahaan perkebunan milik Negara PTPN IV Kebun Berangir yang dipimpin Manager Suprianto.

Menurut informasi menyebutkan bahwa para Mandor dan beberapa karyawan panen tersebut yang beramai ramai diangkat menjadi kepala dusun (kadus) di beberapa pondok afdeling unit perkebunan antara lain Mandor Panen Afdeling II Ahmad M. Pasaribu, karyawan pemanen Afdeling III. Andi Irwansyah, karyawan panen Afdeling V Widiyanto, karyawan pemanen Afdeling VI Panji Rio Riansyah, dan Asrin karyawan pengolahan di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Kebun Berangir sebagai Kadus  di Pondok Emplasemen Berangir II.

Diketahui posisi rangkap jabatan para karyawan perkebunan Berangir ini dalam menduduki kepala dusun (Kadus) sangatlah merusak tatanan bagi efektifitas kerja para karyawan pemanen produksi tandan buah sawit di PTPN IV Kebun Berangir.

Dengan menjabat sebagai kadus artinya mereka dengan sengaja meninggalkan pekerjaan di PTPN IV Kebun Berangir yang kerap mengikuti kegiatan kepemerintahan.  

Masalah rangkap jabatan ini tidak menjadi perhatian serius oleh pihak manajemen perusahaan setingkat Mandor, Asisten Afdeling, Asisten SDM hingga Karpim Manager Perusahaan.

Pembiaran rangkap jabatan ini disinyalir adanya kongkalikong atau kesepakatan terselubung tentang adanya pemberian upeti terhadap para karyawan yang mendapat rangkap jabatan ini kepada Kepala Desa Kebun Berangir Supri Arianto yang juga mantan supir Askep Kebun.

Ketika dasar pengangkatan rangkap jabatan ini dikonfirmasi kepada Kades Supri Arianto via pesan WhatsApp miliknya, Minggu (10/10/21) namun memperoleh jawaban.

Sementara saat hendak dipertanyakan kepada Asisten Afdeling II Jhonson A. Siagian, Sabtu (09/10/21) di kantornya, kerani I mengatakan sedang ke lapangan bersama mandor PML. "Senin saja orang bapak datang," katanya.

Begitu juga dengan Asisten Afdeling III Jaka yanh ditemui di kantornya, salah seorang staf mengatakan sedang keluar mungkin di lapangan pak.

Tak hanya sampai disitu, mediasergap.com coba mengunjungi Kantor unit Kebun Berangir dan ingin mempertanyakan langsung hal karyawan kebun yang rangkap jabatan menjadi Kadus kepada Karpim Manager Suprianto, salah seorang Satpam di pos mengatakan bahwa para petinggi sedang pergi ke Pematangsiantar. "Mereka lagi menghadiri undangan pesta Askep yang di perkebunan P.Siantar acaranya pak," terang Satpam Siagian, Sabtu (09/10//21)

Ketika mediasergap coba menghubungi Asisten SDM Wira Pratama melalui hp seluler, Sabtu (09/10/21) juga tidak mengangkat. (Yans/red)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini