-->






Kapolres Tebing Tinggi Memberikan Arahan dalam Menangani Aksi Unras Secara Humanis

mediasergap.com | TEBiNGTINGGI - Puluhan warga masyarakat melakukan aksi unjuk rasa (unras) di Mapolres Tebing Tinggi, terkait dengan penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), yang saat ini sedang ditangani oleh Satreskrim Polres Tebing Tinggi. Namun aksi warga yang hendak menuju Mapolres Tebing Tinggi ini dihadang oleh petugas Dalmas Sat Shabara, pada Rabu (20/10/21) sekitar pukul 13.00 WIB. 

Sebelum melakukan aksi unjuk rasa, massa berkumpul di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, sebelumnya pengunjuk rasa  telah menyerahkan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian Polres Tebing Tinggi perihal akan adanya aksi unjuk rasa.

Setelah mendapat informasi bahwa massa yang akan melakukan aksi unjuk rasa sudah berkumpul di Lapangan Merdeka, Kabag Ops Polres Tebing Tinggi Kompol Burju Siahaan kemudian mengumpulkan personil Dalmas yang terdiri dari Dalmas Awal, Dalmas Lanjutan dan Tim Negosiator di Halaman Apel Mapolres Tebing Tinggi.

Kapolres Tebing Tinggi AKBP Agus Sugiyarso S.IK pun  memberikan arahan untuk  menangani aksi unjuk rasa agar dilakukan secara humanis dan personil dilarang membawa senjata api (senpi) maupun sejata tajam (sajam).

Diiperoleh infomasi dari Kasat Intel bahwa masyarakat yang akan melaksanakan aksi unjuk rasa telah bergerak dari Lapangan Merdeka menuju Mapolres Tebing Tinggi dengan berjalan kaki dan mendapat pengawalan dari personil Lalulintas.

Saat melintas di Jalan Pahlawan, tepatnya di Simpang Jalan Iskandar Muda Kota Tebing Tinggi, massa pengunjuk rasa dihadang oleh Tim Negosiator serta Dalmas Awal dan dihimbau agar massa tertib dalam menyampaikan aspirasi serta tidak melakukan tindakan anarkis.

Dalam kesempatan itu  Tim Negosiator  membagikan Aqua kepada massa pengunjuk rasa, tetapi massa mulai bertindak anarkis dengan cara melempari Tim Negosiator dan personil Dalmas Awal, sehingga situasi tidak terkendali.

Kemudian Kapolres memerintahkan Kabag Ops untuk segera  mengirimkan personil Dalmas Lanjutan guna membubarkan aksi massa yang tidak terkendali. Setibanya di lokasi, Pasukan Dalmas Lanjutan  membubarkan aksi massa, hingga akhirnya massa membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.

Setelah membubarkan aksi unjuk rasa, Kapolres TebingTinggi AKBP Agus Sugiyarso mengambil Apel Konsolidasi Tim Negosiator, Dalmas Awal, Dalmas Lanjutan di Lapangan Mapolres Tebing Tinggi dengan hasil seluruh personil yang terlibat PAM aksi unjuk rasa dalam keadaan lengkap.

Kejadian ini adalah merupakan kegiatan Simulasi Dalmas Dalam Menghadapi Unjuk Rasa yang dilaksanakan Polres Tebing Tinggi, Rabu (20/10/21) siang sekitar pukul 13.00 WIB di Mapolres Tebing Tinggi, Jalan Pahlawan Kota Tebing Tinggi dan Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi.

Hadir dalam kegiatan simulasi tersebut  para pejabat utama  (PJU) Polres TebingTinggi, Kapolsek sejajaran Polres TebingTinggi, para Perwira dan Bintara serta ASN Polres TebingTinggi. Giat tersebut  berlangsung dalam keadaan aman, lancar dan kondusif. (Ajs/red)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini