-->






INSPEKTORAT LABURA "Akan Tanggapi Tantangan Kades Kuala Beringin Terkait Laporan Proyek Bermasalah"

mediasergap.com | LABURA - Dinas Inspektorat Kabupaten Labuhan Batu Utara langsung melalui Kepala Inspektur Indra Paria.,ST menyatakan sikap akan menanggapi dan secara serius bakal menindak lanjuti hasil temuan kejanggalan kejanggalan pada Pelaksanaan beberapa Paket Proyek di Desa Kuala Beringin yang Penuh Permasalahan Kejanggalan dan Kuat Adanya Dugaan Mark-Up pada 4 Titik Proyek Desa ini.

Menilik hasil mutu pada Paket Paket Proyek beranggaran Dana Desa Kuala Beringin T.A 2021 dengan dalih kelangkaan semen dan kondisi cuaca alam rata rata Proyek ini dikerjakan di luar Tahun Anggaran (Tahun 2022).

Diprediksi beberapa kalangan kalau saja Laporan Pertanggung Jawaban Proyek yang di Duga Mark-Up ini serta penggunaan Dananya akhir Desember 2021 sedang pekerjaan masih berlangsung di Tahun 2022 dipastikan Laporan tersebut menuai masalah.

Adapun Laporan Temuan hasil Pantauan dan Investigasi dari hasil temuan kejanggalan pekerjaannya oleh salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat bersama Rekan Media di Lokasi Lapangan Proyek Desa menemui beberapa temuan beberapa waktu lalu dinilai banyak berbau  kecurangan yang dilakukan oleh Pelaksana Kerja (PK) pihak kepercayaan Desa dalam Pelaksanakan Kegiatan Proyek yang bernilai jumlahnya Ratusan Juta Rupiah tersebut.

Adapun Paket tersebut yakni: 2 (dua) Paket Proyek Drainase di titik lokasi yang sama di Dusun I Kp Selamat atas Bangunan Drainase sepanjang ± 106 meter Pagu BB Rp. 76.650.000,- dan Drainase ± 51 meter Pagu Rp. 37.350.000,-

Pembangunan Tembok Penahan Tanah di Dusun IV Kp Baru Panjang ± 30 meter Pagu Rp. 107.848.000,- dan Pembangunan Rabat Beton atau Jalan Semen Menimpa Jalan Semen yang lama di Dusun Ramean sepanjang ± 200 meter Pagu Rp. 134.450.000,-

Menyampaikan Kades Kuala Beringin Edi Mansur Pane saat persiapan MTQ yang lalu di depan halaman Kantor Desa kepada mediasergap dan beberapa Rekan Wartawan lain, mengenai Pekerjaan Proyek di Desa ini sudah bagus kali kalau memang tak sesuai kita siap di periksa Tim Inspektorat Labura bila mereka bisa mendapatkan Temuan Temuan pada Proyek disini maka kita siap mengembalikan Uang Temuan Kerugian Proyek Swakelola Dana Desa ini ke Negara, tantang Kades Edi, serius.

Mengabarkan Kepala Inspektur Dinas Inspektorat  Labura di ruangannya kepada mediasergap Rabu (16/02/2022), Hasil Laporan yang disampaikan masyarakat melalui Lembaga Swadaya Masyarakat sudah kami terima dan atas hal laporan tersebut maka akan kami tindak lanjuti.

Kalau bisa ada Perwakilan dari Lembaga yang ikut turun kelapangan saat Pemeriksaan Pekerjaan Proyek Proyek Desa Kuala Beringin yang rencana jadwalnya sekitar pertengahan bulan maret nanti.

Tim Pemeriksa untuk Proyek  itu sudah kami siapkan, nanti kita Koordinasikan lagi tindak lanjut laporan ini, terang Inspektur, serius.  [Yan'S]

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini