-->






Kondisi Areal TBM PTPN III Kebun Rantau Prapat Memprihatinkan

Foto : Lokasi Kantor dan Kebun Afdeling Satu

mediasergap | LABURA - Kondisi Tanaman Pohon Sawit Hasil Reflanting menjadi Areal Tanaman belum menghasilkan (tbm) pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PTPN III Kebun Rantau Prapat yang saat ini di Pimpin Manager Unit Kebun Aswin Sp terlihat kurang sehat dan kondisinya mulai memprihatinkan.

Hal ini terjadi di Prediksikan akibat kurang baiknya Perawatan yang seharusnya dilakukan secara Profesional oleh pihak Managemen Kebun baik Askep, Asisten Afdeling Satu hingga Mandor yang tetap berperan aktif  dalam mengawasi aktifitas para rekanan dalam Pemeliharaan Tanaman Pohon Sawit ini.

Sehingga tidak terjadi pertumbuhan pohon yang terlihat tidak tumbuh kembang subur seperti Tanaman - Tanaman Sawit Perusahaan Besar.

Dampak kecerobohan Managemen Kebun dalam mengelola areal ini bakal menuai masalah dan akan berdampak pada kerugian Keuangan Negara dalam Kost Nilai biaya perawatan dan jangka waktu target masa panen yang dikhawatirkan akan terlambat akibat buruknya kondisi areal dan tanaman tanaman yang ada di lokasi  beberapa Afdeling Satu Kebun tersebut.

Hasil Pantauan Lapangan areal tbm ini Rabu (16/03/2022), terlihat di beberapa titik lokasi teresan jalur Tanaman Afdeling 1 (satu) di temui Kondisi Bibit Sawit yang sudah ditanam banyak terlihat menguning tumbuh tak sehat.

Terjadinya kondisi Tanaman Muda ini diduga akibat kurangnya perawatan pada tanaman bahkan gulma gulma pada areal mulai merajalela dibiarkan.

Anehnya lagi, meskipun usia tanaman masih baru tapi terlihat sudah di letakkan di sekeliling pohon tanaman sawit muda limbah-limbah jangkos tandan sawit buangan pabrik (PKS) di seputaran batang pohon sawit.

Mengakibatkan suhu pohon selalu panas tidak stabil sehingga berdampak pada proses  penguningan daun daun pada pelepah pohon di areal tanaman.

Ketika hal temuan lapangan ini ingin dikonfirmasikan kepada Manager Kebun Aswin Sp di Kantornya, Rabu (16/03/2022), Petugas Satpam Pos Harjianto membawakan Identitas Wartawan mediasergap serta rekan rekannya ke Kantor Kebun.

Sekembalinya ke Pos Jaga Harjianto menyampaikan, sudah saya lapor dan sampaikan keinginan orang Bapak untuk bertemu Konfirmasi dengan Pak Manager namun Staff Kantor dan Krani mengatakan semua Petinggi Kebun sedang mengikuti acara Rapat belum bisa di ganggu.

Jadi lain waktulah datangnya atau janjian dulu Pak, jelas Satpam.  (YAN,S).

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini