-->






Kunjungan Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu Ke Kabupaten Lebong

✍️ Editor: Admin  |  🗓️ Rabu, 23 Maret 2022

mediasergap | LEBONG BENGKULU - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lebong, Rabu (23/03/2022) Mendapat Kunjungan dari TP-PKK Provinsi Bengkulu yang langsung dipimpin oleh Hj. Derta Wahyulin selaku Ketua.

Kedatangan Istri Gubernur Bengkulu beserta Rombongan tersebut di Bumei Pat Petulai sekitar pukul 13.30 wib langsung disambut oleh Ketua TP-PKK Lebong Hartini Syamsul Effendi di dampingi Ketua GOW Kabupaten Lebong Indah Tri Wahyuni beserta Pengurus TP-PKK lainnya dalam Rangka Pembinaan 10 Program Pokok PKK agar selaras hingga ke Tingkat Desa.

Turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pola Pemkab Lebong Bupati Lebong yang diwakili Asisten II, sejumlah Kepala Dinas terkait dan seluruh Camat.

Dalam sambutannya dihadapan Ketua TP-PKK Provinsi, Asisten II Pemkab RL Asli Samin menyampaikan Pemkab Lebong selalu Mendukung Suksesnya Kegiatan dan Program PKK baik melalui kerjasama dan juga Support Anggaran, termasuk mengenai Program Kerjasama kegiatan Melalui 10 OPD terkait, terlebih mengenai Penekanan Angka Stunting yang menjadi salah satu konsen dari kegiatan TP-PKK Lebong.

“Kami begitu mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh TP-PKK Lebong, baik segi Anggaran maupun Lainnya,” ujar Asli Samin.

Mengenai Penanganan Stunting, Pemkab Lebong menurut Asli Samin sudah melibatkan banyak pihak, termasuk Menggandeng Kemenag setempat. Dilibatkannya Kemenag, lanjut Asli, menjadi penting dalam Pencegahan terjadinya Stunting sejak dini.

“Pemahaman mengenai Stunting harus pula dimulai dari Pasangan Pra Nikah. Sehingga saat Menikah mereka bisa paham mengenai Bahaya Stunting, dan Pencegahan terjadinya Stunting dapat dilakukan sejak dini, sehingga kami melibatkan pula pihak Kemenag,” ujar Asli Samin.

Asli Samin juga menyampaikan harapannya terkait Kunjungan dari TP-PKK Provinsi Bengkulu ke Lebong dapat Melakukan Pembinaan kepada TP-PKK Lebong agar program-program kerja yang sudah ada, termasuk 10 Program Pokok PKK, dapat terlaksana.

10 Pokok Program PKK yakni :

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila,
  2. Gotoroyong,
  3. Pangan,
  4. Sandang,
  5. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga,
  6. Pendidikan dan Keterampilan,
  7. Kesehatan,
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi,
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup,
  10. Perencanaan sehat.

Untuk Melaksanakan 10 Program Pokok PKK mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pembinaan sampai Fasilitas yang telah di lakukan oleh Ibu PKK Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong ada pun nanti jaringan Ibu PKK ini bisa langsung kita ketemu.

“Adanya kunjungan TP-PKK Provinsi hari ini, hendaklah dapat memberikan Pembinaan sehingga TP-PKK Lebong dapat lebih baik lagi, jika ada yang belum sesuai atau kurang tepat, dapat diberikan Arahan dan Bimbingan agar dapat sejalan dan selaras dengan Program PKK Provinsi,” akhirnya.

Ketua TP-PKK Provinsi Bengkulu Hj. Derta Wahyulin disela kegiatan menyampaikan bahwa Pembinaan 10 Program PKK merupakan Agenda Rutin yang dilaksanakan oleh TP-PKK Provinsi. Tujuannya adalah Sikronisasi Program, Konsolidadi Rencana Kegiatan serta Evaluasi 10 Program Pokok PKK yang sudah dilaksanakan di Kabupaten.

“Ini dalam rangka Pembinaan dan Pemberdayaan Keluarga, Pengendalian dan Konsolidadi Rencana Kerja, juga Pemantapan Program Strategis yang menjadi Skala Prioritas PKK Nasional khususnya mengenai Pencegahan dan Penekanan Angka Stunting,” terang Derta Wahyulin.

Pencegahan dan Penekanan Angka Stunting, lanjut Derta, menjadi Prioritas untuk dilaksanakan, apalagi untuk daerah-daerah yang angka Stuntingnya masih Tinggi harus dilakukan Penekanan. Program Pencegahan Stunting menjadi perhatian khusus dan terus dilakukan pemantauan.

“Harapannya melalui Kegiatan Pembinaan ini, ayo ke depan kita semua bergerak dan bekerja keras khususnya TP-PKK disemua tingkatan menjadi motor penggerak menekan angka Stunting, tadi saya sempat tanya ke Anggota TP-PKK yang hadir, Alhamdulillah secara garis besar sudah memahami dan sudah memiliki pemahaman mengenai Stunting, tinggal lagi ayo kita bersama-sama bergerak untuk menekan Angka Stunting ini,” sampainya.

Ketua TP-PKK Lebong Hartini Syamsul Effendi terkait Kunjungan dan Pembinaan yang dilakukan oleh TP-PKK Provinsi Bengkulu di Lebong menyambut baik dan merasa bangga atas kunjungan tersebut.

Hartini berharap semoga kegiatan tersebut dapat meningkatkan Silaturahim, Koordinasi dan Upaya Pengembangan Program dan Kegiatan PKK, serta adanya keselarasan dan persepsi yang sama, karena melalui kegiatan yang dilaksanakan seperti kemarin dapat mempercepat terwujudnya Keluarga yang Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman dan Bertaqwa menuju Indonesia maju di Tahun 2024.

Lebih jauh disampaikan Hartini untuk menjalankan 10 Program PKK di Kabupaten Lebong berbagai kegiatan sudah dilaksanakan, di Tahun 2021 dan 2022 antaranya SMEP PKK di 15 Kecamatan, kegiatan BIMTAL tingkat Remaja di 15 Kecamatan, Penyerahan Zakat Fitrah bersama BAZNAS di 15 Kecamatan, Penyerahan Bantuan ke Keluarga Balita dalam Rangka Pencegahan Stunting dan sejumlah Kegiatan lain.

“Penanganan dan Pencegahan Stunting tentu menjadi Prioritas dari PKK Lebong, berbagai upaya juga sudah dilaksanakan, selain dengan sejumlah kegiatan lain yang juga sudah dijalankan, harapannya dengan adanya Pembinaan langsung dari TP-PKK Provinsi ini dapat menambah Pengetahuan, Peningkatan SDM, mana yang belum diketahui menjadi tahu, yang belum baik menjadi lebih baik, terutama dalam hal Tatanan Administrasi dan Pelaporan, agar TP-PKK di Lebong dari Kabupaten, Kecamatan hingga ke tingkat Desa/Kelurahan menjadi lebih baik dan lebih semangat dalam bekerja,” akhirnya.  [Darmadi]

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini