-->






Tradisi Sembelih Lembu Punggahan Di Kota Kecil Gunting Saga Ramai Di Kunjungi Konsumen Daging

✍️Penulis: Yans  |  🗓️Sabtu, 02 April 2022
💻Editor  : RE

mediasergap | Labura - Sumut

Salah satu Kota kecil di Kabupaten Labura Gerbang pintu masuk Kecamatan Kualuh Selatan yakni Kelurahan Gunting Saga. Yang mana Daerah ini Pemukiman Penduduknya di belah oleh alur sungai Kualuh, airnya bermuara ke Laut Pesisir Pantai  Timur Tanjung Leidong melalui muara sungai Kuala Bangka-Kampung Masjid.

Ada dua Tradisi bagi warga masyarakat disini yang setiap tahunnya selalu mereka laksanakan yakni Hari gembira Aidil Fitri (Hagaf) dan Tradisi potong lembu ditempat untuk menjadi bisnis penjualan daging segar di lokasi pinggir Jalinsum Gunting Saga, Sabtu (02/04/2022).

Memberitahu pasaran Daging Lembu dan Kerbau seorang Pedagang Daging setempat Yenly Zulka Tanjung, antusias Konsumen untuk membeli daging pada tahun ini cukup meningkat bahkan banyak juga yang sudah memesan daging segar untuk punggahan ini minta di antar ke rumah rumah. Harga memang bervariasi, untuk daging lembu berkisar Rp.150.000/ Kg sedangkan daging Kerbau Rp.160.000/ Kg, sedang tulang campuran Rp.80.000/ Kg, Perdagangannya tahun ini agak cepat tutup sebab bahan daging cepat habisnya, tutup Yenly Zulka.

Menerangkan hal Tradisi ini seorang Tokoh masyarakat Gunting Agus Salim Siagian yang disapa akrab Agusto (55 tahun) menerangkan kalau di ingat ingat tak teringat lagi kapan awal dimulainya tradisi Mamogang di Gonting ini artiannya sudah menjadi tradisi yang turun temurun dan cukup lama sistem mamogang disini. Keistimewaan tahun ini dalam Mamogang untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan bersamaan dengan hari Poken Sabtu disini tentu hari ini sangatlah istimewa.

Perjumpaan hari seperti ini jarang sekali terjadi secara bersamaan dan pasti berpengaruh dengan banyaknya jumlah hewan ternak Lembu dan Kerbau yang disembelih. Untuk Lembu ada sekitar 13 ekor dan Kerbau ada 5 ekor berjumlah 18 ekor yang disembelih dan langsung di jual semua kepada konsumen habis tak bersisa.

Para Konsumen pembelinya dari Daerah Kualuh Hulu dan Kualuh Selatan, mudah mudahan tahun tahun berikutnya tradisi Mamogang ala Gunting Saga ini dapat meningkat lebih banyak lagi hewan yang disembelih apalagi harga sawit saat ini cukup bagus, jelas Agusto transfaran.

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini