-->






Pasar Komunitas Sunmor Kerto - Wujud Nyata Gerakan Ekonomi Gotong Royong Melingkar

Pasar Komunitas Sunmor Kerto - Wujud Nyata Gerakan Ekonomi Gotong Royong Melingkar


🗓️Minggu, 22 Mei 2022 [10.09]


Oleh: Rudy Suryanto


Yogyakarta » mediasergap ⚖️🇮🇩

Kami akan cerita tentang Model Ekonomi Gotong Royong Melingkar lewat Pasar Komunitas, sebagai bentuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Paska Pandemi.

Grand Opening Pasar Komunitas Sunday Morning Kerto (Sunmor Kerto) Merupakan Puncak dari Program Pendampingan 1 Tahun berupa : Penjaringan Minat, Pendampingan Inisiasi Usaha Baru, Penguatan Branding Produk dan Kemasan, Penguatan Manajemen, Pembentukan Komunitas dan Usaha Bersama, Pemasaran Online dan Pemasaran Offline.

Lokasinya ada di RW.09 Kelurahan Muja Muju Kota Yogyakarta, 500 meter dari Balaikota Kota Yogyakarta. 

Kami percaya masa depan ada di Hybrid. Pasar Komunitas adalah Pasar yang diinisiasi dan digerakkan oleh Komunitas, baik sisi penjualan maupun pembelian. Pasar Komunitas bukan hanya gerakan menjual, tetapi lebih penting adalah gerakan membeli.

Pada masa pandemi pemasaran difokuskan pada Online Hyperlocal (PasarKomunitas.id). Basis Area Pemasaran adalah Area Rukun Warga (RW). Sebuah Area yang terlalu Mikro untuk dimasukin e-Commerce Raksasa. Model Pemasaran juga dari WA ke WA. Basisnya Solidaritas. Aku bantu kamu, Kamu bantu Aku, Kita Bantu Kita Kita. 

Intepretasi Ulang Makna dan Model Gerakan Ekonomi Gotong Royong menjadi penting untuk Penguatan Ketahanan Lokal menghadapi Potensi Tsunani Inflasi dan Gangguan Rantai Pasok Global.

Jalan masih panjang. Kami bercita-cita setiap BUMDes yang kami dampingi bisa mendorong terbentuknya Pasar Komunitas di masing-masing Desa. Satu Desa Satu Pasar Komunitas, maka akan terbentuk 1.000 Pasar Komunitas. Apabila masing-masing ada 100 UMKM Anggota maka akan ada 100.000 UMKM tergabung di Gerakan Ekonomi Gotong Royong Melingkar (Close Loop Circular Economy).

Program ini dapat terlaksana dengan bantuan dari CSR Sarihusada Danone.

Yuk sudah Paska Pandemi, Kapan kita Kolaborasi ?

Rudy Suryanto
Founder Bumdes.id
Inisiator Kejar UMKM dan Pasar Komunitas.id

#Close Loop
#Circular Ekonomy
#Pasar Komunitas
#Gerakan Ekonomi Gotong Royong
#terus bergerak

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini