-->






Banyak Proyek Tidak Siap, LPSP ASAHAN SUMUT Desak Bupati Asahan Copot Kadis PUTR

🗓️ Sabtu, 21-Januari-2023 [08.24]


 Banyak Proyek Tidak Siap, LPSP ASAHAN SUMUT  Desak Bupati Asahan Copot Kadis PUTR


ASAHAN • SUMUT » mediasergap ⚖️🇮🇩

Terkait banyaknya proyek yang belum siap dikerjakan oleh kontraktor yang ditunjuk Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Asahan karena sudah melewati batas kontrak waktu pekerjaan. Namun tidak ada tindakan dan sanksi yang diberikan oleh Dinas. 

Bahkan, hingga tanggal 31 Desember masih banyak proyek fisik yang belum dikerjakan oleh rekanan. Namun, oleh Kadis PUTR berita acara (BA) progres 100 persen diduga sudah diteken dan dicairkan di keuangan. 

Dengan adanya aksi pelanggaran administrasi itu, Lembaga Organisasi Pemuda dari DPP Laskar Pemuda Suara Pembaharuan (LPSP) Asahan - Sumut, meminta dan mendesak Bupati Asahan, H. Surya Bsc mencopot Kadis PUTR Kabupaten Asahan Agus Jaka Putra Ginting dari jabatannya. 

Pasalnya, Kadis PUTR Asahan dinilai tidak becus bekerja dan dituding melakukan pelanggaran administrasi. Karena meneken pencairan BA dan Kontrak proyek yang belum selesai dikerjakan oleh kontraktor. 

"Kami minta dan mendesak Bupati Asahan untuk segera mencopot Kadis PUTR Asahan dari jabatannya. Karena Kadis tersebut dinilai tidak beres bekerja dan diduga nekat meneken serta mencairkan uang pekerjaan proyek yang belum siap," tegas Ketua Bidang Investigasi & Monitoring DPP Laskar Pemuda Suara Pembaharuan (LPSP) Asahan - Sumut, Rizki Fauzi (red). Selasa (03/01/2022).

Dengan adanya temuan itu, kata Rizky, pihaknya akan melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Bupati Asahan dan Dinas PUTR Asahan. Untuk meminta Bupati Asahan segera mencopot Kadis PUTR Asahan. 

Hal ini sangat disesalkan bahwa, Kadis PUTR dinilai tidak bisa bekerja dan tidak paham tentang ilmu manajemen konstruksi. Pasalnya, ilmu yang dipelajari Kadis PUTR tidak sesuai dengan bidang ilmu yang diperolehnya.

"Kadis PUTR memiliki gelar akademik sarjana hukum (SH). Seharusnya yang jadi Kadis PUTR itu pejabat yang memiliki gelar insinyur (Ir) atau sarjana teknik (ST). Jadi Kadis dinilai tidak paham tentang ilmu konstruksi. Makanya banyak kerjaan yang tidak selesai dan amburadul hasil pekerjaannya," tegas Rizki Fauzi.

Selain tidak berkompeten sebagai Kadis PUTR Asahan, kata Rizki juga, Kadis PUTR Asahan dinilai tidak mengerti tentang hasil pekerjaan. Sebab, banyak proyek pekerjaan yang belum siap dikerjakan kontraktor. Tapi oleh kadis diteken semua BA dan Kontrak progres 100 persennya. 

"Padahal proyek belum dikerjakan dan masih ada yang dikerjakan. Tapi BA dan Kontrak CV/PT  untuk progres pencairan uang hasil pekerjaan sudah diteken tanpa ada foto visual hasil pekerjaan. Itukan penipuan dokumen negara namanya," tutup Rizki. (M Ipna Siregar)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini