-->






Pj Kades Labusel Diduga Sembunyikan Infografi ADD dan DD

 🗓️ Jum’at, 07-April-2023 [15.10]

Pj Kades Labusel Diduga Sembunyikan Infografi  ADD dan DD


Labusel | Sumut » mediasergap ⚖️🇮🇩

Mulai jadi gunjingan warga atas sepak terjang beberapa Pj Kades diseputaran Kabupaten Labuhan Batu Selatan kesannya mulai merasa keenakan hingga seperti sengaja enggan memasang bahkan  menyembunyikan Papan Informasi (Infografi) penggunaan anggaran Dana Desanya yang bernilai cukup Fantastis melampaui Milyaran Rupiah (± 2,4 M) setiap Desa. 

Enggannya para Pelaksana Tugas Pj. Kepala Desa ini untuk memasang Plank Informasi di depan Kantor Desa terkait Item Anggaran Desanya kuat dugaan adanya indikasi takut terkuak bila nanti ada penyalahan penggunaan Anggaran Desa atau terjadi  persekongkolan jahat dalam penggerogotan penggunaan ADD dan DD di Desa ini sehingga informasi ayas hal ADD - DD dibungkus serapi mungkin untuk tidak diketahui Publik.

Hal ini diketahui saat dilakukannya Investigasi Lapangan dibeberapa Kantor Desa yang di Jabat oleh Pelaksana Tugas Pj. Kepala Desa seperti Desa Torganda oleh Pj Rahmad Syahrin Purba dan Desa Aek Raso Pj. Nur Aini Sitompul, S.Pd, Desa Kecamatan Torgamba Labusel.

Kedua Kantor Desa ini belum terlihat terpajang adanya pemasangan plank papan informasi penggunaan anggaran mereka baik T.A 2022 maupun T.A 2023 sebagai bentuk keterbukaan informasi publik agar warga masyarakat dapat mengetahui jenis - jenis realisasi kegiatan dari kucuran anggaran yang dikelola Desa mereka.

Namun hal penting ini seperti sengaja diabaikan pihak Desa bahkan ada Pj yang sudah menempah Baleho ADD dan DD namun disembunyikan.

Malah ada yang dipajang hanya Tahun Anggaran Dana 2021 yang dikelola masa Kades Defenitif menjabat sebelumnya.

Hasil survey lapangan di Kantor Desa, Kamis (06/04/2023) tim tidak bisa menjumpai Pj Kepala Desa baik Pj Kades Aek Raso Nuraini Sitompul, S.Pd yang diwakili Perangkat Desa mengaku bernama Joko memberi keterangan, Ibu Kades sedang keluar Pak.

Ketika ditanya apakah tahu tentang papan informasi anggaran kenapa tak terpasang.

“Waktu itu ada dipasang Pak, tapi kena terpaan angin kencang jadi tumbang dan rusak maka kami simpan dibelakang Kantor, sebut Joko.

Dilokasi Kantor Desa Torganda Perangkat Tata Pemerintahan Risna menyebut bahwa Pak Kades sedang ada acara di Kantor Camat, nanti saya sampaikan kedatangan orang Bapak kepada Pak Kades.

Ketika mediasergap bersama Tim kembali lagi ke Kantor Desa Torganda siang harinya Kades masih belum kunjung bisa ditemui.

Mengomentari hal ini Anggota Tim warga Ibukota Kota Pinang. Khairul dan U.Silalahi kepada mediasergap, kita sangat kecewa atas apa yang kita ketahui tentang minimnya keterbukaan Para Pj.Kepala Desa yang waktunya sudah terlalu lama menjabat.

Ditinjau dari sulitnya kita untuk berkomunikasi mempertanyakan kinerja mereka atas penggunaan pengelolaan Dana Anggaran Desa mereka di atas rata-rata ± 2,4 Milyar tentu hal ini menjadi imej negatife bagi kita, karena kesannya mereka menghindar.

Padahal kita ingin menyampaikan isue yang berkembang di masyarakat tentang penggunaan Dana BUMDes yang tidak berkembang dan Pembangunan Fisik Insfrastruktur Desa serta sejauh mana Dana Pemberdayaan kepada masyarakat digunakan Pj. Kades untuk memberdayakan masyarakat Desa namun Pj. Kades seperti alergi ditemui.

Melihat sambutan tak bersahabat ini tentu menjadi bahan pertimbangan bagi kami untuk lebih menyusuri dan mendalami penggunaan Dana Desa ini oleh Pj. Desa Torganda Pak Purba dan Pj. Kades Aek Raso Nuraini Sitompul bahkan nantinya akan menyusul Investigasi kepada Penjabat sementara  Desa lainnya yang Pj - Pj muncul di cetak seperti jamur musiman, sebut mereka kesal. (ST)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini