-->






Sedekah Bumi Desa Kumpulrejo Tuban, Sudah Menjadi Tradisi Tahunan

 Sedekah Bumi Desa Kumpulrejo Tuban, Sudah Menjadi Tradisi Tahunan


🗓️ Jum’at, 09-Juni-2023_🕙 17.30 WIB


mediasergap.com | TUBAN » JATIM ⚖️🇮🇩

Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat. Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada alam dan manusia. 

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Kumpulrejo, Kecamatan Perengan, Kabupaten Tuban bersama masyarakat, di cungkup Dewi Sri desa setempat, Jumat (09/06/2023).

Uri-uri kabudayan sedekah bumi tersebut dihadiri oleh perwakilan Disbudporapar Tuban, Wakil Ketua DPRD Tuban, Forkopimda Parengan, Kepala Desa Kumpulrejo beserta perangkat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tamu undangan dan ratusan masyarakat setempat.

Kepala Desa Kumpulrejo, Kunarsono saat ditemui awak media Media sergap.com mengatakan, bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan tradisi yang sudah berjalan turun temurun. 

"Saya sangat senang mas bisa melaksanakan uri-uri kabudayan setiap tahunya, dan harapan saya supaya tradisi di desa ini terus dijaga jangan sampai musnah," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tuban Imam Sutiono dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tradisi sedekah bumi merupakan kegiatan positif yang harus dilestarikan. Sebab, dalam tradisi sedekah bumi terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yaitu mengenai keimanan. 

"Dalam ritualnya terdapat pembacaan do’a dan tahlil sebelum dimulai acara, hal itu melambangkan kewajiban kita untuk mengingat Allah SWT sebelum melakukan sesuatu dengan dasar iman," ujarnya.

Acara sedekah bumi dengan hiburan langgen tayub yang menghadirkan beberapa waranggono ini sudah melekat diwarga desa kumpulrejo, nampak antusias warga pun patut diacungi jempol karena guyub rukun menghadiri acara tersebut. [Susilo]

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini