-->






Diduga Ada Indikasi Korupsi dan Perlu Audit Kembali Kinerja Kepala Desa Mengenai APBDes Lumban Rau Barat Rp.2.342.893,000 Millyar

Diduga Ada Indikasi Korupsi dan Perlu Audit Kembali Kinerja Kepala Desa Mengenai APBDes Lumban Rau Barat Rp.2.342.893,000 Millyar


📆 Rabu, 24-Juli-2024_🕑 14.28 WIB

Habinsaran•Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Tim gabungan awak media online Investigasi ke lokasi Dusun Delapan terkait Pembangunan atau Rehabilisasi lapangan Sepakbola yang di Anggarkan Penggunaan APBDes Tahun 2023 senilai ±Rp.408.783.750,-, oleh Desa Lumban Rau Barat Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara.

Ketika Tim awak media mencoba konfirmasi rincian realisasi pertanggung jawaban APBDes ke Kantor Desa Lumban Rau Barat yang bertemu dengan Perangkat Desa, namun Oknum Kepala Desa tidak bisa ditemui, hingga Perangkat Desa mencoba menghubungi Kepala Desa susah terhubung dengan alat komunikasi handphone (HP) Via WhatsApp (WA) baik itu Sekdes, Bendahara lagi posisi diluar Kota, pungkasnya.

Hal ini telah bertentangan dalam Kitab Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 menimbang, penyelenggaraan pelayanan publik yang adil dan prosedural sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. tentang Pelayanan Publik di dalamnya telah dimuat semua persoalan pelayanan publik, mulai dari pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik sampai kepada sanksi terhadap pelanggaran hukum dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Program Pembangunan Rehabilisasi Lapangan Sepakbola Desa Lumban Rau Barat yang menelan Anggaran begitu besar belum diketahui apakah sudah milik Pemerintahan Desa Kabupaten Toba, meminta kepada Oknum Kepala Desa agar mengklarifikasi Penggunaan Dana Desa bersumber dari APBN sesuai Kitab Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Dengan terbitnya berita ini ke meja redaksi, meminta kepada Inspektorat, Aparat Penegak Hukum (APH), Kejaksaan mengaudit laporan pertanggung jawaban APBDes Tahun 2022 hingga 2024 diduga ada kejanggalan Indikasi Korupsi akibat Oknum Kepala Desa tidak bisa ditemui hal konfirmasi rincian realisasi penggunaan anggaran. (Rel)

(Sumber: ©kompas_tv-86.com)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini