-->






Bawaslu Kabupaten Toba Menggelar Rapat Koordinasi Stakeholder ASN, TNI dan Polri dalam Pilkada Serentak 2024

Bawaslu Kabupaten Toba Menggelar Rapat Koordinasi Stakeholder ASN, TNI dan Polri dalam Pilkada Serentak 2024

Dok Foto : Bawaslu Kabupaten Toba Menggelar Rapat Koordinasi Stakeholder Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI & Polri dalam Pilkada Serentak 2024 di Wita Cafe, Lumban Silintong Balige

🗓️ Senin, 09-Sept-2024_⏲️ 17.15 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tanggal 27 November 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toba menggelar Rapat Koordinasi Stakeholder Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI Polri dalam Pilkada Serentak 2024 di Wita Cafe, Lumban Silintong, Balige, Senin (09/09/2024).

Bawaslu Kabupaten Toba, Japarlin Napitupulu  sebagai salah satu narasumber memaparkan tentang Netralitas ASN Dalam Pemilu dan Pemilihan.

Disebutkan beberapa poin penyebab masih maraknya fenomena pelanggaran netralitas ASN dalam Pemilu dan Pemilihan, diantaranya karena mentalitas birokrasi yang masih jauh dari semangat reformasi birokrasi, kepentingan politik partisan karena irisan kekerabatan atau kesukuan dengan calon melakukan Politik Identitas.

Pada kesempatan ini, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Toba, Dicky Aspino Tampubolon ikut memaparkan materi netralitas ASN sebagaimana diatur UU Nomor 20 tahun 2003 yang mengganti atau mengubah UU Nomor 5 tahun 2014. Disebutkan beberapa bentuk pelanggaran ASN.

"Ada bentuk kegiatan yang merupakan pelanggaran kode etik dan pelanggaran disiplin ini sudah disampaikan juga oleh Ibu Marito (salah satu narasumber) tadi termasuk itu masalah memasang spanduk, baliho dan sosialisasi kampanye media sosial sampai ada mengikuti deklarasi," katanya dihadapan peserta ASN Pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan lainnya.

Dok Foto: Bawaslu Kabupaten Toba Menggelar Rapat Koordinasi Stakeholder Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI & Polri dalam Pilkada Serentak 2024 di Wita Cafe, Lumban Silintong Balige

Disampaikan juga jumlah ASN dan PPPK di Kabupaten Toba sebanyak 4.438 orang.

Narasumber lainnya Akademisi dari Kabupaten Tapanuli Utara, Marito Sawitri Simanjuntak memberikan paparan tentang Netralitas ASN dalam rangka mendukung Pilkada 2024 yang damai dan berkualitas.

Hadir Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba Daniel Pasaribu, Wakapolres Toba Kompol B. Simarmata, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0210/TU Mayor Arh AS Butarbutar.,S.H, pihak Kejari Toba Samosir, Panwascam se-Kabupaten Toba, sejumlah wartawan, dan Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Toba.

Turut hadir Kasatpol PP Kabupaten Toba Harianto Butarbutar, Plt. Kaban Kesbangpol Lambok Siahaan, Sekdis Kominfo Moses Simanjuntak, perwakilan Dinas PMD-PPA, dan lainnya. (MC Toba /Ds)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini