-->






Formasi Gelar Upacara Peringati Gugurnya Pahlawan Revolusi Mayjend D.I Pandjaitan

Formasi Gelar Upacara Peringati Gugurnya Pahlawan Revolusi Mayjend D.I Pandjaitan

🗓️ Senin, 30-Sept-2024_⏲️ 17.45 WIB

Silaen • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Formasi (Forum Martabe Sigurs) menggelar upacara untuk memperingati gugurnya Pahlawan Revolusi Mayjend TNI (Anm) Donald Izacus Pandjaitan di Tugu DI. Pandjaitan, Lumban Tor, Desa Natolu Tali, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba pada Senin (30/9/2024). Upacara tersebut diikuti oleh Forkopimda, pelajar, ASN dan masyarakat. 

Dalam upacara itu, Pj. Bupati Toba Agustinus Panjaitan bertindak sebagai inspektur upacara. Pada kesempatan itu, Pj. Bupati bersama Forkopimda dan Camat Silaen menggelar acara tabur bunga di tugu DI. Pandjaitan. DI Pandjaitan lahir di Silaen pada 9 Juni 1925.

Kepada sejumlah awak media, Pj. Bupati Toba, Agustinus Panjaitan menyampaikan bahwa DI. Pandjaitan yang gugur ditangan pasukan Cakrabirawa dalam upaya kudeta oleh PKI bersama 7 jenderal dan seorang perwira adalah hal yang harus terus dikenang, sebab mereka menjadi tumbal dalam mempertahankan ideologi negara Indonesia hingga diangkat sebagai pahlawan revolusi. 

Beliau menyebut bahwa upacara memperingati gugurnya pahlawan revolusi adalah bentuk patriotisme dalam mengenang para pahlawan tersebut. 

"Ini adalah wujud rasa patriotisme kita sebagai generasi penerus untuk mengenang salah satu pahlawan revolusi kita," katanya. 

"Tentu ini menjadi semangat bagi kita generasi penerus untuk terlibat dalam mendukung pembangunan di daerah kita khususnya di Kabupaten Toba," lanjutnya. 

Mewakili keluarga DI Pandjaitan, Tumpal Panjaitan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Formasi (Forum Martabe Sigurs) yang telah menginisiasi acara peringatan gugurnya salah satu Pahlawan Revolusi ini.  Tumpal Panjaitan yang juga sebagai Camat Silaen ini berharap teladan perjuangan pahlawan dapat menjadi pembangkit semangat perjuangan cinta tanah air bagi masyarakat  khususnya generasi  muda dalam mengisi pembangunan di daerah ini.

Selain menggelar upacara, Formasi juga menggelar ibadah dan sejumlah hiburan rakyat, pagelaran seni,pembacaan puisi, pemutaran film G30S/PKI dan film Harta Tahta dan Wanita termasuk turiturian riwayat hidup singkat Mayjend (Anm) DI. Pandjaitan yang dibawakan oleh pelajar. (MC Toba /Ds)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini