-->






Nyala Api Obor PON XXI Aceh-Sumut, Simbol Menyala Semangat Warga Toba

Nyala Api Obor PON XXI Aceh-Sumut, Simbol  Menyala Semangat Warga Toba 


🗓️ Selasa, 03-Sept-2024_⏲️ 13.35 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Upacara penerimaan Api Obor PON XXI Aceh-Sumut di Kabupaten Toba digelar di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige, Selasa (3/9/2024) pagi. Adapun para peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, pelajar, ASN dan marching band. 

Pada upacara itu, Tim Kirab  Api Obor PON XXI Aceh-Sumut menyerahkan obor kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus yang bertindak sebagai inspektur upacara, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. 

Dalam amanatnya, Poltak Sitorus mengatakan bahwa nyala Api Obor  PON XXI Aceh-Sumut menjadi simbol semangat bagi warga Toba dalam meraih cita-cita, prestasi dan hal baik lainnya. Dirinya menambahkan bahwa penunjukan Kabupaten Toba sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara pada PON XXI Aceh-Sumut untuk cabang olah raga ski air merupakan sejarah yang patut disyukuri. Disebutkannya bahwa hal ini tidak hanya sekadar berdampak pada pariwisata Kabupaten Toba, namun juga akan memberi dampak lain, terutama sektor UMKM. 

"Ini peristiwa sejarah yang patut kita syukuri. Belum tentu ini akan terjadi lagi di Kabupaten Toba hingga 80 tahun ke depan," katanya. 

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Toba, beliau juga menyampaikan selamat datang kepada ketua tim dan semua pihak pembawa obor api PON di Kabupaten Toba, yang sudah mengantarkan untuk menyalakan semangat menyukseskan  PON  XXI Aceh-Sumut .

"Semoga bapak ibu menikmati keindahan Kabupaten Toba,seperti bapak ibu tahu bahwa Danau Toba  tidak ada duanya di dunia ini, danau super vulkanik terbesar di dunia," lanjutnya. 

Poltak Sitorus juga memaparkan bahwa sejumlah event besar telah terlaksana di Kabupaten Toba, termasuk event berkelas dunia yaitu F1 Powerboat, Aquabike World Championship dan PON XXI yang digelar dari tanggal 9 sampai 19 September mendatang. 

"Tentunya kita masyarakat  dan Pemerintah Kabupaten Toba merasa sangat bangga karena peristiwa ini adalah peristiwa bersejarah yang mungkin terjadi satu kali 80 tahun," lanjutnya lagi. 

Selain menjadi ajang olahraga, PON merupakan momentum penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi yang menjadi tuan rumah, PON juga menjadi momen untuk menumbuhkan sportifitas, semangat kebangsaan dan juga persatuan  dan kesatuan khususnya daerah menjadi promosi budaya dan pariwisata serta penguatan UMKM.

Penyambutan masyarakat dan Pemkab Toba    yang semarak ini tidak hanya memperlihatkan kesiapan tetapi juga bukti dukungan penuh Kabupaten Toba terhadap event olahraga nasional terbesar di Indonesia yang akan dimulai.

"Kita bersuka  cita dan bergembiralah seluruh masyarakat Toba dan terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Toba  menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dipilihnya Kabupaten Toba sebagai tempat penyelenggaraan cabang olahraga ski air," kata Poltak Sitorus.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Poltak Sitorus juga ucapan selamat melanjutkan perjalanan Kirab Api Obor PON XXI Aceh-Sumut menuju kabupaten lainya dan semoga sehat dan selamat sampai ke tujuan.

Hadir Ketua Tim Kirab Api PON XXI Julianus Efrata Bangun , Kajari Toba Samosir Dohar Nainggolan, Ketua PN Balige Makmur Pakpahan, Pabung Toba Kodim 0210/TU Mayor Arh AS Butarbutar, Wakapolres Toba Wakapolres Toba Kompol B Simarmata , Sekdakab Toba Augus Sitorus,pimpinan perangkat daerah,dan undangan lainnya. (Ds)

(Sumber: ©MC Toba_Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini