-->






Para UMKM Sumut Pasarkan Produk Pada PON XXI 2024, Pj Gubsu dan Kadis Koperindag UMKM Resmikan Sumut Creative Centre

Para UMKM Sumut Pasarkan Produk Pada PON XXI 2024, Pj Gubsu dan Kadis Koperindag UMKM Resmikan Sumut Creative Centre


🗓️ Minggu, 08-Sept-2024_⏲️ 21.07 WIB

Medan • Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Pemerintah Provinsi Sumatra Utara mengadakan Festival & Bazar UMKM terbesar, yang akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 15 September 2024 di berbagai lokasi seperti halaman Gedung Serbaguna Pemprov Sumut (Disporasu), Sport Centre Jalan Sena, dan di kawasan wisata Samosir, Kota Medan.

Acara ini tidak hanya dirancang sebagai sarana hiburan bagi masyarakat, tetapi juga sebagai upaya strategis untuk menghidupkan kembali sektor ekonomi lokal melalui peran aktif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Lebih dari 100 UMKM dari berbagai daerah siap menampilkan produk unggulannya di acara ini, termasuk 141 stan yang menawarkan berbagai jenis kuliner, produk kerajinan, dan hiburan menarik. Di halaman Sport Centre, sebanyak 20 stan UMKM akan meramaikan suasana, sementara 7 stan lainnya akan beroperasi di Samosir.

Selain itu, 15 stan khusus dari kabupaten di Sumatra Utara turut berpartisipasi, memperkenalkan kekayaan budaya lokal.

Dalam rapat teknis yang diadakan pada Jumat (6/9/2024), panitia festival menyoroti pentingnya kolaborasi antara pelaku usaha, pemerintah, dan Bank Indonesia (BI).

“Sebanyak 40 persen pelaku usaha yang berpartisipasi telah melalui proses kurasi. Kami berharap setiap stan dapat memaksimalkan potensi produk-produk terbaik mereka untuk meningkatkan citra UMKM Sumut di kancah nasional,” ujar Desma, perwakilan dari Dinas Koperasi Sumut.

Selain UMKM, sebanyak 15 OPD juga akan menampilkan produk unggulan mereka, dengan harapan dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap promosi potensi daerah masing-masing.

Didit, selaku Event Organizer (EO) dari Festival & Bazar PON XXI Aceh-Sumut 2024, menambahkan bahwa berbagai hiburan akan memeriahkan acara ini.

“Setiap hari akan ada penampilan dari artis lokal di panggung utama. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai permainan berhadiah yang tiketnya diperoleh melalui transaksi di salah satu stan. Selain itu, dengan berbelanja, pengunjung berkesempatan mendapatkan merchandise eksklusif PON XXI,” jelasnya.

Untuk memudahkan transaksi, Bank Indonesia menggandeng para pelaku UMKM dalam penerapan sistem pembayaran non-tunai berbasis QRIS. Bank Indonesia akan membantu proses integrasi QRIS yang diperkirakan memakan waktu 2 hingga 5 hari kerja, guna mempercepat transaksi dan meningkatkan kenyamanan bagi konsumen dan pelaku usaha.

Festival dan Bazar ini diharapkan menjadi momentum penting bagi kebangkitan UMKM Sumatra Utara, memperkuat posisi mereka di tingkat nasional melalui event berskala besar seperti PON XXI Aceh-Sumut 2024. (J. Simarmata)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini