-->






Poltak Sitorus Pesankan LADN Naraja Wujudkan Masyarakat Adat Berkualitas

Poltak Sitorus Pesankan LADN Naraja Wujudkan Masyarakat Adat Berkualitas


🗓️ Selasa, 10-Sept-2024_⏲️ 22.35 WIB

Toba • Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Naraja Kabupaten Toba, Jonang M.P Sitorus melantik kepengurusan LADN Naraja di Tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Ajibata, Kecamatan Lumban Julu dan Kecamatan Bonatua Lunasi. Pelantikan kepengurusan LADN Naraja periode 2024-2029 Tingkat Kecamatan ini dilaksanakan di Kantor Camat Lumban Julu, Selasa (10/09/2024) siang. 

Pada kesempatan itu, Bupati Toba Poltak Sitorus turut hadir dan menyampaikan arahan dan bimbingan kepada para pengurus yang dilantik. Dalam arahannya, Poltak Sitorus menjelaskan betapa pentingnya adat di tengah masyarakat. Termasuk keberadaan moral dan adab yang tidak ditemukan dalam agama namun ada dalam adat. Dirinya mencontohkan, jika seorang beragama Kristen menggelar hajatan pesta, maka dirinya akan mengundang semua pihak tanpa memandang agama. 

"Jadi akan ada yang beragama Muslim di sana. Nah, jika demikian maka yang punya hajatan akan meminta yang beragama Muslim itu untuk memotong Kerbau atau Sapinya. Itu adat," katanya. 

Karena itu, pentingnya keberadaan adat di tengah masyarakat harus benar-benar disadari oleh Para Pengurus LADN Naraja. Dirinya pun meminta agar ke depan LADN Naraja memiliki visi yang harus dikerjakan. 

"LADN visinya apa? Harus ada visinya. Apa yang harus kita kerjakan ke depan," ujarnya.

Poltak Sitorus melanjutkan, ke depan LADN Naraja harus mampu mewujudkan masyarakat adat yang berkualitas. 

"Nah, yang harus kita kerjakan ke depan saya minta ini, mewujudkan masyarakat adat yang berkualitas itu," katanya menegaskan. 

Menurutnya, saat ini dalam kehidupan masyarakat, norma-norma dalam adat hanya dilaksanakan saat Acara Pesta, namun dalam kehidupan sehari-hari norma-norma dalam adat tersebut tidak lagi dijalankan. 

"Nah, saat ini kita hanya beradat saat Pesta. Saya mau tanya apakah sama sopan-santun kita dalam keseharian dengan saat kita Berpesta? Tidak. Kita tidak sama saat di Pesta dan di Lapo," katanya. 

Karena itu Poltak Sitorus menegaskan agar kehidupan sehari-hari masyarakat dapat menerapkan norma-norma dalam adat dan tidak menjalankan norma tersebut saat Pesta saja. 

"Apa yang dimaksud dengan masyarakat adat yang berkualitas? Yang dikatakan masyarakat adat yang berkualitas adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan tanpa kehilangan identitas. Jadi tidak hanya saat Pesta, tetapi dalam kehidupan sehari-hari pun kita harus jalankan itu," ujarnya.

Adapun Pengurus LADN Naraja Kecamatan Lumbanjulu yang dilantik adalah sebagai Ketua Oloan Pane, Sekretaris Benson Sirait, Bendahara Arden Manurung. 

Untuk Pengurus LADN Naraja Kecamatan Ajibata, Ketua Akiruddin Sirait, Sekretaris Runggu Tua Manurung, Bendahara Aloysius Ajis Franki Manik.

Pengurus LADN Naraja Kecamatan Bonatua Lunasi, Ketua Laurensius J.H Sirait, Sekretaris Lukman Manurung, Bendahara Drs. Edward P. Sirait. (MC Toba /Ds)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini