-->






BPDPKS Memperkuat SDM di Industri Kelapa Sawit Palm Oil Career EXPO 2024, Dorong Karir Anak Muda

BPDPKS Memperkuat SDM di Industri Kelapa Sawit Palm Oil Career EXPO 2024, Dorong Karir Anak Muda

🗓️ Sabtu, 19-Okt-2024_⏲️ 16.06 WIB

Medan • Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) memberikan dukungan penuh dalam Pelaksanaan Palm Oil Career Expo (POCE) 2024 yang diselenggarakan di Medan. Acara yang digagas untuk membantu anak muda mencari peluang karir di Industri Kelapa Sawit ini mendapat apresiasi tinggi dari berbagai pihak, termasuk BPDPKS, yang memainkan peran penting dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sektor Perkebunan Sawit.

Dalam sambutannya, M. Gema Aliza Putra, Pemimpin Umum Hai Sawit Indonesia, menyampaikan apresiasi khusus kepada BPDPKS yang telah memberikan dukungan signifikan dalam penyelenggaraan POCE 2024.

"Terima kasih atas kehadirannya khususnya Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Bapak Anwar Sadat, yang sudah hadir dan membantu, serta mensupport Hai Sawit dari kegiatan workshop karir, FGD sampai kegiatan gongnya yaitu Palm Oil Career Expo ini," ujar Gema Aliza.

POCE 2024 bertujuan untuk mendorong anak muda agar dapat berkarir di Sektor Sawit yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Dengan dukungan BPDPKS, kegiatan ini tidak hanya membuka kesempatan kerja, tetapi juga menjadi wadah yang mempertemukan pencari kerja dengan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit.

Tema yang diusung pada tahun ini, ‘Peran Stakeholder dalam Pembentukan SDM Berkualitas di Industri Perkebunan Kelapa Sawit menuju SDM Generasi Emas dan Tangguh Industri Sawit Tahun 2045’, menekankan pentingnya sinergi antara Pemerintah, Industri, Institusi Pendidikan, dan Masyarakat.

“Kami menegaskan kembali pentingnya kolaborasi semua pihak. Para pemangku kepentingan, termasuk Pemerintah, Industri, Institusi Pendidikan, dan Komunitas Masyarakat, harus bersinergi dalam membentuk SDM Unggul yang tidak hanya memiliki kompetensi teknis, tetapi juga berkarakter Inovatif dan Berwawasan Global,” imbuh Gema.

la juga menambahkan bahwa peran dari Stakeholder menjadi kunci utama untuk memastikan keberlanjutan Industri Sawit di masa depan.

“Para pemangku kepentingan harus terus bekerja sama untuk mencetak SDM yang mampu bersaing secara Global dan menghadapi tantangan di Industri Sawit yang dinamis,” lanjutnya.

Selain itu, Ramadhan, salah satu pembicara dalam seminar tersebut, mengajak para peserta untuk memanfaatkan peluang yang ada. “Jadi, manfaatkan peluang yang ada, tingkatkan kapasitas Anda sehingga bisa menjadi bagian dari perusahaan yang membuka peluang kerja di kegiatan POCE ini,” pesan Ramadhan.

la juga menegaskan pentingnya seminar karir yang diadakan dalam POCE untuk mentransfer pengetahuan dan teknologi kepada Para Mahasiswa dan Pencari Kerja.

Acara ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di Medan, yang saat ini mencapai 8,67%.

“Kegiatan ini penting diadakan karena diperlukan masyarakat yang mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja (Perusahaan),” jelas Ramadhan.

la menambahkan, angka pengangguran di Medan memang mengalami penurunan dari tahun ke tahun tetapi masih memerlukan perhatian khusus.

Lebih jauh lagi, Ramadhan berharap POCE 2024 dapat memberikan dampak positif bagi seluruh ekosistem sawit di Indonesia.

“Yang terpenting, acara Job Fair dan Seminar Kelapa Sawit ini mampu menyerap tenaga kerja di ekosistem sawit yang sangat potensial dalam pengembangan karir,” tutupnya.

Dengan dukungan BPDPKS dan Antusiasme Tinggi dari Peserta, POCE 2024 menjadi langkah strategi yang diharapkan mampu menghasilkan SDM Unggul untuk mendukung Industri Sawit Indonesia menuju tahun 2045. Acara ini tidak hanya menjadi jembatan antara Pencari Kerja dan Perusahaan, tetapi juga Forum penting untuk pengembangan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan dalam Industri Kelapa Sawit. (Roni)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini